Wednesday, December 12, 2018

BENGKULU, SURGA PARA PENJAJAH

Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang banyak sekali peninggalan bersejarah. Beberapa diantaranya sudah dijadikan cagar budaya. Seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno, Tugu Thomas Parr, Makam Inggris, Beberapa Bunker Peninggalan Jepang, Masjid Jamik dan masih banyak lagi. Hampir semuanya dibangun pada masa penjajahan Inggris, Belanda dan Jepang.
Bengkulu memiliki bentang alam yang indah dan strategis sehingga cocok dijadikan pusat perdagangan dan pelabuhan oleh penjajah. Bengkulu juga memiliki hasil bumi yang melimpah seperti cengkeh, garam ataupun kopi. Rempah-rempah inilah yang menjadi surga bagi para penjajah.

Bengkulu benar-benar dijadikan pusat dagang pada masa penjajahan Inggris. Dibuktikan dengan dibangunnya sebuah kantor POS dan Sebuah Benteng pertahanan bernama Benteng Marlborough. Namun akhirnya Inggris membarter Bengkulu dengan Singapura yang dijajah Belanda. Pada tahun 1942 Belanda menyerah dan Bengkulu dikuasai oleh panjajahan Jepang.

Seiring berjalannya waktu, Indonesiapun merdeka. Semua bangunan peninggalan Inggris, Belanda dan Jepang dijadikan Cagar Budaya. Yang paling ramai dikunjungi dan menjadi Icon wisata Cagar Budaya Bengkulu tentu saja Benteng Marlborough, benteng terbesar kedua di Asia Tenggara. Benteng ini sangat unik karena jika dilihat dari udara bentuknya persis seperti kura-kura. Di dalam benteng ini ada meriam, ruang tahanan dan kantor yang masih terjaga dengan baik.

Sayangnya minat masyarakat terhadap cagar budaya ini masih sangat kurang. Seperti yang dituturkan oleh penjaga pintu masuk wisata ini. Beberapa masyarakat memang sangat meyayangkan adanya pemugaran terhadap cagar budaya karena bagi mereka akan menghilangkan keaslian bangunan bersejarah itu sendiri. Tarif tiket masuk juga menjadi alasan masyarakat enggan untuk berkunjung ke cagar budaya ini.

Pemerintah harus berfikir ekstra untuk mencari jalan bagaimana agar minat masyarakat tumbuh untuk mencintai cagar-cagar budaya ini, mungkin bisa melalui sosialisasi atau diadakan acara mingguan yang bertajuk cagar budaya sehingga diharapkan selain meningkatkan minat masyarakat juga diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar cagar budaya ini.

[ANDRE DETRIX PEARCE]

#StrategiKebudayaan
#KongresKebudayaanIndonesia
#BPCBJambi
#BentengMarlborough
#RumahPengasinganBungKarno
#MasjidJamikSoekarno
#TuguThomasParr
#BungkerJepangBengkulu
#SetengahAbadBengkuluEmas
#WonderfulBengkulu
#Visit2020
#genpibengkulu
@genpi_bengkulu
@cagarbudayajambi
@pasarsinggahbungkarno
@blogerrafflesia

No comments:

Post a Comment